Dosen Teknik Sipil UM Metro Melaksanakan ABDIMAS-MANDIRI Dengan Tema Sosialisasi Lingkungan Bersih Sehat & Pemanfaatan Drum Plastik Bekas Untuk Pembuatan Septictank Murah dan Ekonomis Di Desa Bumiharjo

Dosen Teknik Sipil UM Metro Melaksanakan ABDIMAS-MANDIRI Dengan Tema Sosialisasi Lingkungan Bersih Sehat & Pemanfaatan Drum Plastik Bekas Untuk Pembuatan Septictank Murah dan Ekonomis Di Desa Bumiharjo

Dosen Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UM Metro melaksanakan Pengabdian Masyaraktan Mandiri (ABDIMAS-MANDIRI) yang di laksanakan dari tanggal 22 s/d 27 Oktober 2019 di Dusun Bumiagung, Desa Bumiharjo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur.

Kegiatan pengabdian dosen dan mahasiswa ini dihadiri oleh perwakilan LPPM UM Metro, Dekan Fakultas Teknik UM Metro dan dilaksanakan bersama-sama pejabat tingkat desa serta masyarakat desa, adapaun kegiatan ini terdiri dari 2 Tim antara lain :

20191026_084505

Tim Pertama tentang “Sosialisasi Lingkungan Bersih Sehat Untuk Perumahan” yang di ketuai oleh Ir. Masherni, MT.

20191026_093238

Tim Kedua tentang “Pemanfaatan Drum Plastik Bekas Untuk Pembuatan Septictank Murah dan Ekonomis” yang di ketuai oleh Ir. Masykur, MM.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan sosialisasi kepada Masyarakat di Desa Bumiharjo bagaimana menciptakan lingkungan bersih sehat dan mengatasi permasalahan rumah-rumah yang belum memiliki toilet permanen yaitu dengan cara membuat septictank murah dan ekonomis. “Lingkungan sehat itu berawal dari sanitasi, salah satunya dengan membuat septictank murah dan ekonomis dengan menanfaatkan drum plastik bekas.” Ujar Ir. Masherni., M.T.

untitled

Ir. Masykur, MM. Menjelaskan bahwa pembuatan septictank ini terbuat dari bahan-bahan yang murah dan ekonomis. Bahan utama yang digunakan yaitu drum bekas sebagai penampung limbah kotoran manusia dan ijuk bekas sebagai serapan, selain itu juga biaya pembuatan septictank murah ini kurang dari 1 juta rupiah. Sehingga dapat diaplikasikan oleh masyarakat golongan menengah kebawah, harapannya dari hasil pengabdian ini masyarakat dapat mengaplikasikan septictank di rumah-rumah yang belum memliliki toilet permanen.

Penulis : M. Aang Khonaifi, ST.

Tulis Komentar