SOP KUNJUNGAN LAPANGAN PRODI TEKNIK MESIN FT UM METRO

UM

Universitas Muhammadiyah Metro

Tanggal Penyusunan : 16/08/2015 Nomor : 107/Ak/Jur/IX/2015
Tgl Revisi : – Kode Dok : Akademik
SOP

PELAKSANAAN KUNJUNGAN LAPANGAN

FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK MESIN
Disusun Oleh: Diperiksa Oleh: Disetujui Oleh: Ditetapkan Oleh:
Kaprodi

Dwi Irawan, S.T., M.T.

NIDN. 0231128602

TPMJ

Dwi Irawan, S.T., M.T.

NIDN. 0231128602

TPMF

Kms. Ridhuan, S.T., M.Eng.

NIDN. 0210096904

Dekan

Ir. Masherni, M.T.

NIDN. 0019036301

  1. TUJUAN
Standar Operasional Prosedur (SOP) ini dibuat agar pelaksanaa kunjungan lapangan oleh Fakultas dan Program Studi terhadap mahasiswa yang melaksanakan Kuliah kunjungan lapangan dapat berjalan sesuai dengan harapan
  1. DESKRIPSI
Dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) ini yang dimaksud dengan :

Pelaksanaa kunjungan lapangan adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa fakultas teknik jurusan teknik sipil dan teknik mesin.

  1. RUANG LINGKUP
Kegiatan dilaksanakan di luar kampus. Sasaran kunjungan lapangan : Perguruan Tinggi, Instansi Teknis tujuan Industri, suasana (proyek) kegiatan lapangan yang berhubungan dengan disiplin ilmu.
  1. PROSEDUR
  1. Proses Perencanaan
  2. Merencankan kegiatan kunjungan lapangan :
  3. Pimpinan Fakultas mengadakan rapat dengan Prodi, dosen dan mahasiswa untuk menentukan objek lokasi kunjungan lapangan, dan membentuk kepanitiaan untuk menunjang kegiatan tersebut.
  4. Pimpinan Fakultas membuatkan surat keputusan tentang pengangkatan dosen pendamping dan kepanitiaan kunjungan lapangan.
  5. Dalam kegiatan tersebut ditentukan minimal tiga lokasi dan satu perguruan tinggi yang sesuai dengan keilmuan prodi yang ada.
  6. Menetukan lokasi kunjungan
  7. Fakultas membuat surat permohonan kunjungan ke perusahaan, lembaga yang akan dikunjungi.
  8. Menunggu jawaban atau persetujuan. Bila ada yang tidak mendapat izin, maka harus ada alternative pengganti.
  9. Mahasiswa peserta harus terdaftar di prodi dengan syarat yang telah ditentukan yaitu syarat akademik dan administrasi keuangan.
  10. Teknis pelaksanaan kunjungan
  11. Paling lambat 3 (tiga) hari sebelum jadwal Pemberangkatan pihak Fakultas, Prodi dan mahasiswa telah mempersiapkan segala sesuatunya yang berkenaan dengan kunjungan lapangan tersebut, seperti menghubungi pihak Rektorat untuk melepas saat pemberangkatan, biro perjalanan dan perusahaan yang mau dikunjungi.
  12. Pimpinan Fakultas dan panitia menyiapkan semua berkas dan surat-surat perjalanan yang berhubungan dengan kegiatan kunjungan lapangan tersebut saat pemberangkatan.
  13. Semua seksi kepanitiaan agar mempersiapkan segala sesuatu yang menjadi tanggung jawabnya demi kelancaran bersama.
  14. Proses Pelaksanaan
  15. Pihak Fakultas, Dosen dan mahasiswa peserta kunjungan lapangan hadir sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan 15 menit sebelum acara pelepasan oleh Dekan.
  16. Dosen pendamping membuat daftar hadir untuk mahasiswa yang mengikuti kunjungan lapangan. Dan mengecek persiapan segala sesuatunya untuk pemberangkatan.
  17. Dosen Pendamping membantu mahasiswa apabila menghadapi kesulitan, membantu mengidentifikasi masalah dan memecahkan masalah, dan/atau menyarankan solusi tertentu untuk kebaikan bersama selama perjalanan.
  18. Pada setiap kunjungan ke perusahaan dosen pendamping sebagai penghubung ke menejemen perusahaan pada saat kedatangan dan memberikan kata sambutan.
  19. Setiap peserta mahasiswa diharapkan untuk dapat mencari informasi selengkapnya tentang perusahaan pada setiap kunjungan tersebut.
  20. Pada setiap akhir kunjungan ke perusahaan, dosen pendamping memberikan cindra mata atau kenang-kenangan kepada perusahaan.
  21. Segenap panitia agar dapat menjalankan segala yang menjadi tanggung jawabnya, sehingga dapat menunjang kesuksesan kegiatan tersebut.
  22. Dosen Pendamping merekam atau mencatat hal-hal yang dianggapnya penting dan perlu selama proses kunjungan industri berlangsung di dalam sebuah agenda atau berita acara.
  23. Dosen Pendamping menyatakan penilaiannya terhadap aktifitas dan kreatifitas mahasiswa selama kunjungan industri disertai komentar secukupnya.
  24. Pada akhir kegiatan kunjungan industri segenap panitia dan dosen pendamping segera mempersiapkan kepulangan kembali di Fakultas.
  25. Proses Evaluasi
  26. Segenap panitia melaporkan segala yang menjadi tanggungjawabnya terhadap kegiatan kunjungan lapangan kepada pihak Fakultas.
  27. Setiap peserta diwajibkan membuat tugas laporan indivindu tentang pelaksanaan dan kunjungan ke perusahaan.
  28. Pada akhir kegiatan perserta akan dievaluasi dengan tes tertulis untuk menentukan nilai yang akan diperoleh pada mata kuliah kunjungan lapangan.
  29. Dosen pendamping menyerahakan seluruh nilai mahasiswa bersama-sama dengan absensi Berita Acara Pembimbingan kepada Ketua Prodi.

Bagan Alir

Pelaksanaan

Evaluasi

Perencanaan

 

  1. RUJUKAN
  1. STD/SPMI/B.03 Standar Panduan Akademik.
  2. Formulir pendaftaran
  3. Format materi lapangan
  4. Daftar hadir mahasiswa
  5. Lembar Penilaian Persentasi

Tulis Komentar