Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Prodi Teknik Mesin FT UM Metro

Visi:

Menjadi 10 besar prodi teknik mesin terbaik dibidang konversi energi dan teknologi manufaktur dengan memanfaatkan potensi lokal yang sesuai dengan nilai-nilai islam pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah tahun 2020.

.
Misi:

  1. Menyelengarakan pendidikan dan pengajaran dibidang konversi energi dan teknologi manufaktur.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengembangan dibidang konversi energi dan manufaktur dengan memanfaatkan potensi lokal.
  3. Melaksankan pengabdian kepada masyarakat dengan mengaplikasikan hasil penelitian, dan kajian bidang konversi energi dan teknologi manufaktur.
  4. Mengintegrasikan nilai-nilai islam ke dalam tridharma perguruan tinggi.
  5. Menyelenggarakan organisasi dan administrasi pendidikan yang efektif, efisien, akuntabel dan berkelanjutan.
.
Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan teknik mesin yang professional, berkepribadian islam, dan berwawasan global.
  2. Menghasilkan penelitian yang mempunyai inovasi dalam bidang konversi energi dan teknologi manufaktur.
  3. Menghasilkan karya pengabdian masyarakat dengan penerapan hasil penelitian dan teknologi tepat guna dengan memanfaatan potensi lokal.
  4. Meningkatkan hubungan kerjasama yang baik dengan stakeholder dan memberikan kontribusi yang nyata bagi peningkatan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  5. Mewujudkan prodi teknik mesin menjadi 10 besar terbaik pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah tahun 2020.
.
Sasaran:

  1. Peningkatan mutu manajemen pengelolaan baik akademik, administrasi keuangan, kemahasiswaan, serta memberikan pelayanan yang terbaik untuk mahasiswa.
  2. Peningkatan mutu dan daya saing lulusan yang terlihat pada kemanfaatan/ keterlibatan lulusan teknik Mesin UM Metro di dunia kerja (swasta dan pemerintah) dan pembangunan baik di tingkat Daerah maupun nasional dengan cara meningkatkan mutu pembelajaran, relevansi kurikulum dan melibatkan mahasiswa dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat serta mengimplementasikan penjaminan mutu jurusan serta bisa menimplentasikan nilai-nilai islam dalam kehidupan baik bermasyarakat dan didunia kerja.;
  3. Peningkatan jumlah, mutu, dan relevansi hasil penelitian dengan cara meningkatkan keterlibatan dosen dalam kegiatan ilmiah baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional, dan dengan menjadikan laboratorium sebagai penunjang utama kegiatan penelitian tersebut serta mengangkat potensi lokal.
  4. Peningkatan jumlah dan mutu pengabdian pada masyarakat melalui penerapan langsung hasil-hasil penelitian yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan daerah setempat;
  5. Peningkatan kerjasama program studi dalam pemecahan masalah pembangunan, masyarakat dan industri melalui kerjasama yang terus dijalin secara sinergis dengan pemerintah daerah, industri, kalangan ilmiah, dan assosiasi profesi.

Tulis Komentar