SOP SK Mengajar FT UM Metro

Description: UM

Universitas Muhammadiyah Metro

Tanggal Penyusunan :25/09/2015 Nomor : 214/Keu/Fak/IX/2015
Tgl Revisi : – Kode Dok : Keuangan
SOP

PEMBUATAN SK MENGAJAR

FAKULTAS TEKNIK
Disusun Oleh: Diperiksa Oleh: Disetujui Oleh: Ditetapkan Oleh:
KaTU

Amir Hamzah

NBM. 628 175

Wakil Dekan II

Untung Surya Dharma, S.T., M.Eng.

NIDN. 0007037801

TPMF

Kms. Ridhuan, S.T., M.Eng.

NIDN. 0210096904

Dekan

Ir. Masherni, M.T.

NIDN. 0019036301

  1. TUJUAN
Tujuan penetapan SOP Pembuatan SK Mengajar di lingkungan Fakultas Teknik UM Metro adalah:

  1. Sebagai acuan atau pedoman bagi pemimpin unit kerja di lingkungan Fakultas Teknik untuk merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, dan menyempurnakan kegiatan usulan pembuatan surat keputusan dekan untuk Dosen mengajar;
  2. Sebagai panduan bagi Dosen pengampu mata kuliah untuk berpartisipasi secara aktif, efektif, dan efisien dalam melaksanakan kegiatan pengajaran.
  3. Penetapan standar pembuatan surat keputusan untuk kegiatan belajar mengajar di lingkungan Fakultas Teknik UM Metro bermanfaat bagi pemimpin FT-UM Metro (Seperti Dekan dan Ketua Jurusan/Bagian)untuk mempermudah dalam melakukan koordinasi dengan dosen yang akan melaksanakan kegiatan pengajaran.
  1. DESKRIPSI
SOP Pembuatan SK Mengajar di lingkungan Fakultas Teknik UM Metro adalah ukuran yang ingin dicapai oleh Fakultas Teknik UM Metro dalam hal proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan penyempurnaan kegiatan pembuatan SK Mengajar untuk kegiatan pengajaran akan dilakukan oleh dosen.
  1. RUANG LINGKUP
    1. Pengusul pembuatan SK Mengajar adalah Ketua Jurusan Teknik Sipil untuk dosen pengampu mata kuliah di Jurusan Teknik sipil dan Ketua Jurusan Teknik Mesin untuk dosen pengampu mata kuliah di Jurusan Teknik Mesin
    2. Dosen yang dimaksud adalah dosen pengampu mata kuliah yang terdiri dari :
          1. Dosen tetap prodi
          2. Dosen tetap universitas
          3. Dosen luar biasa
  1. Bagan Alir/Prosedur Operasional Usulan Pembuatan SK Mengajar
Ketua Jurusan (mengusulkan dengan melampirkan dokumen yang dipersyaratkan)

Wakil Dekan I, diskusi & Koreksi

Dekan, disposisi surat

Koreksi

Disetujui

Tidak Disetujui

Pegawai TU, Pembuatan surat Keputusan (SK)

Kepala TU, koreksi & paraf

Wakil Dekan I, Koreksi & paraf

Dekan , tanda tangan

Ketua Jurusan

Wakil Dekan II,

Keuangan Universitas

Bagian TU,

Arsip

Dosen Pengampu Mata Kuliah

  1. Petunjuk Operasional
    1. Ketua Jurusan mengusulkan draft SK Mengajar yang berisikan nama dosen pengampu mata kuliahkepada Wakil Dekan I.
    2. Wakil Dekan I mendiskusikan dengan ketua jurusan dan mengkoreksi hal-hal yang dianggap perlu berkaitan dengan mata kuliah yang akan diampu, untuk kemudian diajukan ke Dekan.
    3. Dekan mengirimkan draft SK Mengajar dari Ketua Jurusan kepada Pegawai Tata Usaha untuk membuat SK Mengajar apabila disetujui, namun bila tidak, maka draft SK Mengajar akan dikembalikan kembali ke Ketua Jurusan.
    4. Pegawai Tata Usaha membuat SK Mengajar berdasarkan usulan dari Ketua Jurusan yang sudah di setujui Dekan sebanyak 4 rangkap kemudian dikoreksi dan diparaf oleh Kepala Tata Usaha.
    5. Setelah dikoreksi dan diparaf oleh Kepala Tata usaha, SK Mengajar diserahkan ke Dekan untuk dikoreksi dan ditandatangani. Setelah selesai dikoreksi dan ditandatangani, SK Mengajar dikirimkan ke Wakil Dekan II dan ketua jurusan untuk proses lebih lanjut.
    6. SK Mengajar yang ada pada Wakil Dekan II akan dikirimkan kembali ke Bagian Tata Usaha untuk diarsipkan dan kebagian Keuangan Universitas untuk pencairan honorarium mengajar.
    7. Untuk SK Mengajar yang dikirimkan ke Ketua Jurusan akan diberikan kepada Dosen pengampu mata kuliah.
  1. RUJUKAN
    1. Pedoman Tugas dan SOP Bidang Keuangan, kepegawaian, Sarana dan Prasarana Universitas Muhammadiyah Metro Tahun 2011

Tulis Komentar