SOP Pengadaan Alat-alat Praktikum dan Laboratorium FT UM Metro

Description: UM

Universitas Muhammadiyah Metro

Tanggal Penyusunan : 26/09/2015 Nomor : 212/Keu/Fak/IX/2015
Tgl Revisi : – Kode Dok : Keuangan
SOP

PENGADAAN ALAT PRAKTIKUM & LABORATORIUM

FAKULTAS TEKNIK
Disusun Oleh: Diperiksa Oleh: Disetujui Oleh: Ditetapkan Oleh:
KaTU

Amir Hamzah

NBM. 628 175

Wakil Dekan II

Untung Surya Dharma, S.T., M.Eng.

NIDN. 0007037801

TPMF

Kms. Ridhuan, S.T., M.Eng.

NIDN. 0210096904

Dekan

Ir. Masherni, M.T.

NIDN. 0019036301

  1. TUJUAN
Tujuan penetapan SOP Pengadaan Alat-alat Praktikum dan Laboratorium di lingkungan Fakultas Teknik UM Metro adalah :

  1. Sebagai acuan atau pedoman bagi pemimpin unit kerja di lingkungan Fakultas Teknik untuk merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, dan menyempurnakan kegiatan Pengajuan Alat-alat Praktikum dan laboratorium;
  2. Sebagai panduan bagi Kepala laboratorium dan laboran untuk berpartisipasi secara aktif, efektif, dan efisien dalam melaksanakan kegiatan Pengadaan Alat-alat Praktikum dan laboratorium.
  3. Penetapan standar Pengadaan Alat-alat Praktikum dan laboratorium di lingkungan Fakultas Teknik UM Metro bermanfaat bagi pemimpin FT-UM Metro (Seperti Dekan, wakil dekan, dan Ketua Jurusan) untuk mempermudah dalam melakukan koordinasi dengan Kepala laboratorium dan laboranyang akan melakukan pengadaan alat-alat praktikum dan laboratorium.
  1. DESKRIPSI
SOP Pengadaan Alat-alat Praktikum dan laboratorium di lingkungan Fakultas Teknik UM Metro adalah ukuran yang ingin dicapai oleh Fakultas Teknik UM Metro dalam hal proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan penyempurnaan kegiatan Pengajuan Pengadaan Alat-alat Praktikum dan laboratorium.
  1. RUANG LINGKUP
    1. Pengusul adalah kepala laboratorium di lingkungan Fakutas Teknik Universitas Muhamadiyah Metro.
    2. Yang dimaksud dengan kepala laboratorium pada poin C.1 adalah Kepala Laboratorium Teknik Sipil dan kepalalaboratorium Teknik Mesin
    3. Pengadaan alat-alat yang diajukan adalah alat-alat yang akan digunakan untuk praktikum dan peralatan penunjang laboratorium lainnya.
  1. Bagan Alir/Prosedur Operasional Pengadaan Alat-alat Praktikum dan laboratorium
Wakil Dekan I, menyetujui

Dekan, disposisi surat

Ketua Jurusan, menyetujui

Kepala laboratorium, usulan

Tidak Disetujui

Koreksi

Disetujui

Bendahara Fakultas

Keuangan Universitas

Rektor, persetujuan

Wakil Dekan II,

Surat pengantar

Bagian tata usaha, Arsip

  1. Petunjuk Operasional
    1. Kepala Laboratorium mengajukan daftar usulan pengadaan alat-alat praktikum dan peralatan penunjang laboratorium lainnya kepada Ketua jurusan untuk dikoreksi.
    2. Ketua Jurusan mendiskusikan daftar usulan tersebut dengan Wakil Dekan I selanjutnya usulan dikirimkan ke Dekan.
    3. Dekan mengkoreksi daftar usulan pengadaan alat-alat praktikum dan peralatan penunjang laboratorium
    4. Apabila Dekan menyetujui, daftar usulan dikirim ke Wakil Dekan II, namun apabila tidak disetujui maka daftar usulan kembali dikirim ke Kepala laboratorium untuk diperbaiki.
    5. Wakil Dekan II kemudian membuat surat pengantar pengajuan pengadaan alat-alat praktikum dan peralatan penunjang laboratorium lainnya ke Rektor
    6. Setelah disetujui untuk didanai, maka rektor akan mengirimkan daftar usulan pengadaan alat-alat praktikum dan peralatan penunjang laboratorium lainnya ke bagian keuangan (BAK).
    7. Setelah dana dapat dicairkan di bagian keuangan Universitas, Bendahara fakultas akan mendistribusikan dana tersebut ke kepala laboratorium.
  1. RUJUKAN
    1. Pedoman Tugas dan SOP Bidang Keuangan, Kepegawaian, Sarana dan Prasarana Universitas Muhammadiyah Metro Tahun 2011

Tulis Komentar