SOP Pembuatan DP3 FT UM Metro

Description: UM

Universitas Muhammadiyah Metro

Tanggal Penyusunan :26/09/2015 Nomor : 211/Keu/Fak/IX/2015
Tgl Revisi : – Kode Dok : Keuangan
SOP

PEMBUATAN DP3

FAKULTAS TEKNIK
Disusun Oleh: Diperiksa Oleh: Disetujui Oleh: Ditetapkan Oleh:
KaTU

Amir Hamzah

NBM. 628 175

Wakil Dekan II

Untung Surya Dharma, S.T., M.Eng.

NIDN. 0007037801

TPMF

Kms. Ridhuan, S.T., M.Eng.

NIDN. 0210096904

Dekan

Ir. Masherni, M.T.

NIDN. 0019036301

  1. TUJUAN
Tujuan penetapan SOP untuk Pembuatan DP3 baik bagi dosen maupun tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Metro adalah:

  1. Sebagai acuan atau pedoman bagi pemimpin unit kerja di lingkungan Fakultas Teknik untuk merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, dan menyempurnakan kegiatan Pembuatan DP3 bagi dosen dan tenaga kependidikan;
  2. Sebagai panduan bagi Dosen dan tenaga kependidikan untuk berpartisipasi secara aktif, efektif, dan efisien dalam melaksanakan kegiatan Pembuatan DP3.
  3. Penetapan standar Pembuatan DP3 bagi dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Teknik UM Metro bermanfaat bagi pemimpin FT-UM Metro (Seperti Dekan, Ketua Jurusan/Bagian, kepala laboratorium dan kepala tata usaha)untuk mempermudah dalam melakukan koordinasi dengan dosen/tenaga kependidikan yang mengusulkan pembuatan DP3.
  1. DESKRIPSI
SOP Pembuatan DP3 di lingkungan Fakultas Teknik UM Metro adalah ukuran yang ingin dicapai oleh Fakultas Teknik UM Metro dalam hal proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan penyempurnaan kegiatan usulan Pembuatan DP3 bagi dosen dan tenaga kependidikan.
  1. RUANG LINGKUP
    1. Pengusul adalah pimpinan unit kerja dari dosen/tenaga yang bekerja kependidikan di lingkungan Fakutas Teknik Universitas Muhamadiyah Metro.
    2. Pimpinan unit kerja yang dimaksud pada poin C.1 adalah
          1. Ketua Jurusan
          2. Kepala Laboratorium
          3. Kepala Tata Usaha
    3. Dosen yang dimaksud adalah Dosen tetap dan dosen kontrak prodi sedangkan tenaga kependidikan adalah pegawai tetap/kontrak Universitas Muhammadiyah Metro yaitu :
          1. Staff Keuangan
          2. Staff administrasi
          3. Staff Kebersihan
          4. Laboran
    4. Form DP3 adalah Form pengisian yang berisikan daftar penilaian kinerja dosen/tenaga kependidikan selama 1 tahun, yang terdiri dari unsur-unsur penilaian sebagai berikut :
          1. Agama Islam dan Kemuhammadiyahan
          2. Kesetiaan
          3. Kejujuran
          4. Prestasi kerja
          5. Tanggung Jawab
          6. Prakarsa
          7. Kerjasama
          8. Kerajinan
          9. Disiplin
          10. kepemimpinan
  1. Bagan Alir/ Prosedur Operasional Izin Cuti Dosen dan Tenaga Kependidkan
Pimpinan unit kerja

Bagian tata usaha,

Wakil Dekan II

Koreksi

Disetujui

Tidak Disetujui

Dekan

Bagian Tata Usaha, Arsip

Dosen/tenaga kependidikan

Dosen/Tenaga Kependidkan

  1. Petunjuk Operasional
    1. Pimpinan unit kerja dimana dosen/tenaga kependidikan bekerja meminta kepada Bagian Tata Usaha untuk membuat DP3 atas nama dosen/tenaga kependidikan yang akan dinilai, berdasarkan hasil kinerja 1 tahun terakhir.
    2. Bagian tata usaha membuat DP3 berdasarkan nilai yang diajukan oleh pimpinan unit kerja, kemudian mengirimkan kepada Wakil Dekan II untuk dibahas dengan pimpinan unit kerja dan ditanda tangani.
    3. Setelah Wakil Dekan II membahas penilaian dengan pimpinan unit kerja dan menanda tangani DP3 kemudian mengirimkannya ke dosen/tenaga kependidikan untuk disetujui, apakah penilaian tersebut sesuai atau tidak.
    4. Dosen/tenaga kependidikan akan mengirimkan DP3 ke Dekan untuk ditandatangani apabila penilaian yang dilakukan oleh pimpinan unit kerja yang telah dibahas dengan wakil dekan II disetujui, namun bila tidak setuju maka DP3 tersebut akan dikirimkan kembali ke pimpinan unit kerja.
    5. Setelah Dekan menandatangani DP3 maka DP3 akan dikirimkan kembali ke Dosen/tenaga kependidikan untuk dipergunakan lebih lanjut dan ke bagian Tata Usaha untuk diarsipkan.
  1. RUJUKAN
    1. Pedoman Tugas dan Standar Operasional Prosedur (SOP) Bidang keuangan, kepegawaian, prasara dan sarana, Universitas Muhammadiyah Metro, tahun 2011.
    2. Surat Keputusan Badan Pelaksana Harian, Nomor. I.A/8.b/BPH-UMM/100/2001 tentang Peraturan Pokok Kepegawaian Universitas Muhammadiyah Metro, tahun 2001
    3. Surat Keputusan Badan Pelaksana Harian, Nomor. III.B/2.b/19/BPH.UMM/2004 tentang Peraturan Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan pegawai dan Dosen Universitas Muhammadiyah Metro, Tanggal 03 Juli 2004
    4. SK Rektor Universitas Muhammadiyah metro No. III.B/5.a/09/SK-UMM/2008 tentang penetapan pengembangan organisasi Universitas Muhammadiyah Metro, tanggal 16 Juni 2008.
    5. Penetapan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Unit-Unit Kerja (Fakultas dan Non Fakultas) Di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Anggaran 2016/2017.

Tulis Komentar