SOP PEMBIMBING AKADEMIK MESIN FT UM METRO

UM Metro warna.jpg

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Tgl Penyusunan: 24/08/2015 Nomor: 101/Ak/Jur/IX/2015
Tgl. Revisi: Kode Dok: Akademik
SOP

PEMBIMBINGAN AKADEMIK

FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK MESIN
Disusun Oleh: Diperiksa Oleh: Disetujui Oleh: Ditetapkan Oleh:
Kaprodi

Dwi Irawan, S.T.,M.T.

NIDN. 0231128602

TPMJ

Dwi Irawan, S.T.,M.T.

NIDN. 0231128602

TPMF

Kemas Ridhuan, S.T.,M.Eng

NIDN. 2100969004

Dekan

Ir. Masherni, M.T.

NIDN. 0019036301

  1. TUJUAN
Prosedur ini dibuat dengan tujuan membantu kelancaran proses pembimbingan akademik oleh Dosen Pembimbing Akademik terhadap mahasiswa yang akan mengikuti proses pembelajaran, agar rencana akademik setiap mahasiswa dapat berjalan sesuai dengan SOP pembimbingan akademik.
  1. DESKRIPSI
Pembimbing akademik adalah dosen yang ditunjuk dan diserahi tugas membimbing sekelompok mahasiswa yang bertujuan untuk membantu mahasiswa menyelesaikan studinya secepat dan seefisien mungkin sesuai dengan kondisi dan potensi individual mahasiswa.
  1. RUANG LINGKUP
Prosedur ini berlaku untuk semua Dosen Pembimbing Akademik pada semua unit kerja akademik di lingkungan Universitas Muhammadiyah Metro.

 

  1. PROSEDUR
  1. Fakultas menerbitkan jadwal Pembimbingan Akademik untuk setiap Dosen Pembimbing Akademik minimal 3 (tiga) bulan sebelum Pembimbingan Akademik dilaksanakan, dan menyiapkan semua berkas hasil studi mahasiswa ke dalam file masing-masing mahasiswa untuk diserahkan, diperiksa, dan dievaluasi Dosen Pembimbing Akademik minimal 3 (tiga) hari sebelum tanggal Pembimbingan Akademik berlangsung.
  2. Dosen Pembimbing melaksanakan proses pembimbingan akademik bagi mahasiswa minimal 2 (dua) kali dalam setiap semester. Jumlah maksimum mahasiswa yang berada dalam Pembimbingan Akademik setiap Dosen Pembimbing Akademik adalah 40 orang.
Dalam prosedur ini yang dimaksud dengan:

  1. Formulir Rencana Studi adalah dokumen tertulis berisi daftar matakuliah, bobot sks, kelas, identitas mahasiswa, dan kolom-kolom untuk verifikasi, yang digunakan mahasiswa untuk mendaftarkan diri mengikuti program perkuliahan untuk semester berjalan.
  2. Konduite Mahasiswa adalah dokumen tertulis berisi jejak rekam atau catatan mengenai perilaku, sikap, dan prestasi mahasiswa, yang diisi oleh Dosen Pembimbing Akademik dengan sepengetahuan mahasiswa.
  3. dst.
  1. Penetapan Dosen Pembimbing Akademik dan Mahasiswa yang dibimbing.
  2. Pimpinan Fakultas menetapkan nama para Dosen Pembimbing Akademik yang akan memantau, mengevaluasi, dan membantu mahasiswa yang dibimbingnya dalam menyusun rencana dan strategi studi untuk setiap semester.
  3. Setiap dosen tetap bertugas menjadi Dosen Pembimbing Akademik dari 40 mahasiswa terhitung sejak mereka terdaftar sebagai mahasiswa pada semester II hingga selesai masa studi mereka.
  4. Jumlah total mahasiswa pada setiap fakultas harus dibagi habis ke dalam beberapa kelompok pembimbingan akademik dengan masing-masing kelompok memiliki satu orang Dosen Pembimbing Akademik.
  5. Penetapan dan Pengumuman Jadwal Pembimbingan Akademik.
  6. Paling lambat 3 (tiga) bulan sebelum masa Pembimbingan Akademik untuk semester berjalan, Pimpinan Fakultas harus sudah menetapkan jadwal Pembimbingan Akademik.
  7. Jadwal Pembimbingan Akademik semua dosen Pembimbingan Akademik dilaksanakan secara tuntas dan serentak selama 2 hari kerja dalam masa Pembimbingan Akademik.
  8. Masa dan jadwal Pembimbingan Akademik diumumkan kepada semua mahasiswa dan diberitahukan kepada semua Dosen Pembimbing Akademik segera setelah ditetapkan.
  9. Persiapan Pembimbingan Akademik
  10. Paling lambat 3 (tiga) hari sebelum jadwal Pembimbingan Akademik berlangsung, Pimpinan Fakultas harus telah menyerahkan file semua mahasiswa kepada masing-masing Dosen Pembimbing Akademik.
  11. Pimpinan Fakultas menyiapkan semua berkas hasil studi mahasiswa dan informasi lain yang berkaitan dengan diri mahasiswa yang dipandang perlu diketahui Dosen Pembimbing Akademik. Persiapan ini berupa anatara lain:

Pencetakan formulir hasil studi mahasiswa semester sebelumnya, menetapkan IP Semester dan IPK mahasiswa sebagai dasar penentuan batas maksimum beban sks yang dapat diambil untuk semester berjalan.

  1. Penyerahan semua file mahasiswa kepada Dosen Pembimbing Akademik dilengkapi dengan Formulir Pembimbingan Akademik, Berita Acara Pembimbingan Akademik, dan Formulir Rekapitulasi Pembimbingan Akademik.
  2. Dosen Pembimbing Akademik mempelajari semua berkas mahasiswa yang dibimbingnya untuk mengetahui perkembangan studi mereka, kendala atau persoalan yang mungkin dihadapi mahasiswa berkait dengan prestasi studinya.
  3. Pelaksanaan Pembimbingan Akademik
  4. Dosen hadir sesuai dengan jadwal Pembimbingan Akademik.
  5. Dosen dapat membuat daftar tunggu untuk mahasiswa yang akan menemuinya dalam proses Pembimbingan Akademik.
  6. Pembimbingan Akademik dilaksanakan dengan metode wawancara dan/atau diskusi secara terbuka dan ramah antara Dosen Pembimbing Akademik dengan mahasiswa.
  7. Dosen Pembimbing Akademik menyatakan penilaiannya terhadap prestasi mahasiswa disertai komentar sewajarnya seperti misalnya, pujian, penghargaan, teguran, dsbnya.
  8. Dosen membantu mahasiswa apabila mereka menghadapi kesulitan akademik, membantu mengidentifikasi masalah dan memecahkan masalah, dan/atau menyarankan solusi tertentu untuk kebaikan mahasiswa.
  9. Dosen merekam atau mencatat hal-hal yang dianggapnya penting dan perlu selama proses Pembimbingan Akademik berlangsung di dalam formulir Pembimbingan Akademik atau formulir konduite mahasiswa yang terdapat di dalam file mahasiswa.
  10. Dosen membantu mahasiswa menyusun rencana dan strategi studi untuk semester berjalan.
  11. Pada akhir pertemuan, dosen menanda-tangani formulir Pembimbingan Akademik sebagai bukti bahwa Pembimbingan Akademik telah terlaksana.
  12. Pelaporan Pelaksanaan Pembimbingan Akademik
  13. Pada hari terakhir dari jadwal Pembimbingan Akademik, Dosen Pembimbing Akademik mengisi Berita Acara Pembimbingan Akademik dan Formulir Rekapitulasi Pembimbingan Akademik.
  14. Dosen menyerahakan kembali seluruh file mahasiswa bersama-sama dengan Berita Acara Pembimbingan Akademik dan Formulir Rekapitulasi Pembimbingan Akademik kepada tata usaha Fakultas
  1. Pimpinan Fakultas bertanggungjawab untuk menyiapkan semua berkas dan file mahasiswa selama proses Pembimbingan Akademik berlangsung.
  2. Dosen Pembimbing Akademik bertanggungjawab untuk melaksanakan Pembimbingan Akademik sesuai dengan jadwal yang telah disepakati dan ditetapkan oleh Fakultas.
BAGAN ALIR

Persiapan

Pelaksanaan

Evaluasi

  1. RUJUKAN
  1. STD/SPMI/B.03 Standar Pembimbingan Akademik.
  2. Formulir Pembimbingan Akademik.
  3. Formulir Kondite Mahasiswa.
  4. Formulir Rekapitulasi Pembimbingan Akademik.
  5. Lembar Hasil Studi / Penilaian Prestasi Mahasiswa.

Tulis Komentar