203 SOP Administrasi dan Keuangan Honorarium dan Insentif PAGU Anggaran FT UM Metro

Description: UM

Universitas Muhammadiyah Metro

Tanggal Penyusunan : 23/09/2015 Nomor : 203/Keu/Fak/IX/2015
Tgl Revisi : – Kode Dok : Keuangan
SOP

ADMINISTRASI DAN KEUANGAN HONORARIUM DAN INSENTIF PAGU ANGGARAN

FAKULTAS TEKNIK
Disusun Oleh: Diperiksa Oleh: Disetujui Oleh: Ditetapkan Oleh:
KaTU

Amir Hamzah

NBM. 628 175

Wakil Dekan II

Untung Surya Dharma, S.T., M.Eng.

NIDN. 0007037801

TPMF

Kms. Ridhuan, S.T., M.Eng.

NIDN. 0210096904

Dekan

Ir. Masherni, M.T.

NIDN. 0019036301

  1. TUJUAN
Tujuan penetapan SOP Administrasi dan Keuangan Honorarium dan Insentif PAGU Anggaran di Fakultas Teknik UM Metro adalah:

  1. Sebagai acuan atau pedoman bagi pemimpin unit kerja di lingkungan Fakultas Teknik untuk merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, dan menyempurnakan kegiatan akademik, terutama pada saat mengusulkan Pencairan Dana Honorarium dan Insentif yang telah ditetapkan di dalam Pagu Anggaran Fakultas Teknik.
  2. Sebagai panduan bagi dosen/tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Teknikterutama yang terdapat dalam susunan kepanitian kegiatan untuk berpartisipasi secara aktif, efektif, dan efisien dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan.
  3. Penetapan standar Administrasi dan Keuangan Honorarium dan Insentif Pagu Anggaran Fakultas Teknik UM Metro bermanfaat bagi pemimpin FT-UM Metro (Seperti Dekan, Wakil-wakil dekan dan Ketua Jurusan)untuk mempermudah dalam melakukan koordinasi dengan dosen/tenaga kependidikan yang terdapat dalam susunan kepanitian kegiatan.
  1. DESKRIPSI
SOP Administrasi dan Keuangan Honorarium dan Insentif PAGU Anggaran Fakultas Teknik UM Metro adalah ukuran yang ingin dicapai oleh Fakultas Teknik UM Metro dalam hal proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan penyempurnaan pada saat mengusulkan pencairan dana honorarium dan insentif yang akan diselenggarakan.
  1. RUANG LINGKUP
    1. Honorarium dan insentif yang akan diberikan merupakan jenis honorarium dan insentif yang masuk didalam DIPA Tahun Anggaran yang berjalan atau Program kerja Fakultas di Pagu Anggaran pada Tahun Anggaran yang sama.
    2. Honorarium dan insentif yang disebutkan dalam poin C.1 adalah Honorarium dan insentif sebagai berikut :
          1. Honorarium pengelola jurnal
          2. Insentif penulisan jurnal
          3. Honor kepanitian fakultas
          4. Honor Dosen PA
          5. Honor Bimbingan Tugas Terstruktur
          6. Insentif koreksi berkas JJA Asisten Ahli
          7. Insentif rapat senat
          8. Honor Bimbingan Kerja Praktek (KP)
          9. Honor Pendadaran Kerja Praktek (KP)
    3. Kepanitian/Satgas berasal dari Dosen dan Tenaga Kependidikan yang nama-namanya tercantum didalam Surat Keputusan atau Surat Tugas Dekan.
    4. Biaya yang timbul karena kegiatan seminar atau pelatihan yang diikuti akan disesuaikan dengan SK Rektor No 390/III.3.AU/C/KEP.UMM/2016 Tentang Penetapan Standar Biaya di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Anggaran 2016/2017.
  1. Prosedur Operasional Usulan Pencairan Dana Honorarium dan Insentif Dalam Pagu Anggaran
Wakil Dekan II, Surat usulan honorarium & insentif danDraft kepanitian

Dekan, disposisi surat

Wakil Dekan I,

Koreksi/paraf

Disetujui

Diperbaiki

Pegawai TU, Pembuatan SK Panitia

Kepala TU, koreksi & paraf

Wakil Dekan I, Koreksi & paraf

Dekan , Koreksi & Tanda tangan

Wakil Dekan II ,

Bendahara Fakultas, pembayaran

Rektorat, SPM kegiatandalam Pagu Anggaran

Bendahara Kegiatan

  1. Petunjuk Operasional
    1. Wakil Dekan II mengajukan surat usulan yang akan dilakukan kepada Dekan I dengan melampirkan Draft honorarium dan insentif yang akan dicairkan dan Draft Kepanitian Kegiatan kalau ada
    2. Dekan memeriksa surat usulan dan draft kepanitian utuk selanjutnya didisposisikan ke Wakil Dekan I apabila disetujui, apabila tidak disetujui maka akan dikembalikan ke Wakil Dekan II untuk diperbaiki kembali.
    3. Wakil Dekan I meminta Bagian Tata usaha Fakultas Teknik untuk membuat Surat keputusan atau Surat Tugas dari Dekan untuk nama-nama Kepanitian yang telah disetujui oleh Dekan, apabila kegiatan tersebut memiliki kepanitian.
    4. Pegawai Tata Usaha membuat surat keputusan/surat tugas kepanitian kegiatan untuk kemudian dikoreksi dan diparaf oleh Kepala Tata Usaha, yang selanjutnya dikirimkan kembali ke Wakil dekan I.
    5. Wakil Dekan I mengoreksi dan menparaf Surat Keputusan atau Surat Tugas kepanitian Kegiatan kemudian dikembalikan ke Dekan.
    6. Dekan memeriksa dan menandatangani Surat Keputusan atau Surat Tugas kepanitian Kegiatan kemudian mengirimkan surat tugas tersebut ke Wakil Dekan II.
    7. Wakil Dekan II mengajukan Surat Permohonan Pembayaran kepada Pihak Rektorat untuk pencairan dana honorarium dan insentif kegiatan yang akan dilaksanakan dan meminta Bendahara Fakultas untuk melakukan proses pencairan di bagian keuangan Universitas.
    8. Bendahara Fakultas melakukan pembayaran honorarium dan insentif kegiatan yang telah dilakukan kepada Bendahara Kegiatan untuk pendistribusian lebih lanjut apabila ada, namun bila bendahara kegiatan tidak ada maka dapat dilakukan pembayaran langsung kepada dosen/tenaga kependidikan secara langsung.
  1. RUJUKAN
    1. Buku Manual Penyusunan Angggaran Berbasis kinerja Perguruan Tingi Muhammadiyah, Dikti – PP Muhammadiyah.
    2. Pedoman Tugas dan SOP Bidang Keuangan, kepegawaian, Sarana dan Prasarana Universitas Muhammadiyah Metro Tahun 2011
    3. SK Rektor Universitas Muhammadiyah Metro No. 390/III.3.AU/C/KEP.UMM/2016 tentang Penetapan Standar Biaya di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Anggaran 2016/2017
    4. Penetapan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Unit-Unit Kerja (Fakultas dan Non Fakultas) Di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Anggaran 2016/2017.
    5. Usulan Daftar Pelaksanaan Anggaran Tahun Angggaran 2016/2017 Unit Kerja : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Metro.

Tulis Komentar