202 SOP Administrasi dan Keuangan Kegiatan Akademik FT UM Metro

Description: UM

Universitas Muhammadiyah Metro

Tanggal Penyusunan : 17/08/2015 Nomor : 202/Keu/Fak/IX/2015
Tgl Revisi : – Kode Dok : Keuangan
SOP

ADMINISTRASI DAN KEUANGAN KEGIATAN AKADEMIK

FAKULTAS TEKNIK
Disusun Oleh: Diperiksa Oleh: Disetujui Oleh: Ditetapkan Oleh:
KaTU

Amir Hamzah

NBM. 628 175

Wakil Dekan II

Untung Surya Dharma, S.T., M.Eng.

NIDN. 0007037801

TPMF

Kms. Ridhuan, S.T., M.Eng.

NIDN. 0210096904

Dekan

Ir. Masherni, M.T.

NIDN. 0019036301

  1. TUJUAN
Tujuan penetapan SOP Usulan Pencairan Dana Kegiatan Akademik Dalam Pagu Anggarandi Fakultas Teknik UM Metro adalah :

  1. Sebagai acuan atau pedoman bagi pemimpin unit kerja di lingkungan Fakultas Teknik untuk merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, dan menyempurnakan kegiatan akademik, terutama pada saat mengusulkan Pencairan Dana Kegiatan akademik yang telah ditetapkan di dalam Pagu Anggaran Fakultas Teknik.
  2. Sebagai panduan bagi dosen/tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Teknikterutama yang terdapat dalam susunan kepanitian kegiatan untuk berpartisipasi secara aktif, efektif, dan efisien dalam mengikuti kegiatan-kegiatan akademik yang akan diselenggarakan.
  3. Penetapan standar Usulan Pencairan Dana Kegiatan akademik Dalam Pagu Anggaran Fakultas Teknik UM Metro bermanfaat bagi pemimpin FT-UM Metro (Seperti Dekan, wakil-wakil dekan dan Ketua Jurusan) untuk mempermudah dalam melakukan koordinasi dengan dosen/tenaga kependidikan yang terdapat dalam susunan kepanitian kegiatan.
  1. DESKRIPSI
SOP Usulan Pencairan Dana Kegiatan Akademik Dalam Pagu Anggaran Fakultas Teknik UM Metro adalah ukuran yang ingin dicapai oleh Fakultas Teknik UM Metro dalam hal proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan penyempurnaan pada saat mengusulkan pencairan dana kegiatan-kegiatan akademik yang akan diselenggarakan.
  1. RUANG LINGKUP
    1. Kegiatan akademik yang akan diselenggarakan merupakan kegiatan akademik yang masuk didalam Program kerja Fakultas di Pagu Anggaran pada Tahun Anggaran yang sama.
    2. Kegiatan akademik yang disebutkan dalam poin C.1 adalah kegiatan akademik sebagai berikut :
          1. Penyusunan Renstra
          2. Pelatihan peningkatan kompetensi dosen
          3. Kuliah umum
          4. Kerjasama kelembagaan
    3. Kepanitian/Satgas berasal dari Dosen dan tenaga Kependidikan yang nama-namanya tercantum didalam Surat Keputusan atau Surat Tugas Dekan.
    4. Biaya yang timbul karena kegiatan seminar atau pelatihan yang diikuti akan disesuaikan dengan SK Rektor No 390/III.3.AU/C/KEP.UMM/2016 Tentang Penetapan Standar Biaya di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Anggaran 2016/2017.
  1. Bagan Alir Administrasi dan Keuangan Kegiatan Akademik
Dekan, disposisi surat

Wakil Dekan I, diskusi dan Koreksi

Ketua Jurusan, surat usulan kegiatan yang akan dilakukan dan draft kepanitian

Diperbaiki

Bendahara Kegiatan

Koreksi/paraf

Disetujui

Rektorat, SPM kegiatandalam Pagu Anggaran

Bendahara Fakultas, pembayaran

Wakil Dekan II,

TU, Pembuatan SK Panitia

Wakil Dekan II ,

Kepala TU, koreksi & paraf

Dekan, Mengoreksi dan Menyetujui.

Wakil Dekan I, Memeriksa

  1. Petunjuk Operasional
    1. Ketua Jurusan mengajukan surat usulan kegiatan yang akan dilakukan kepada Wakil Dekan I dengan melampirkan Draft Kepanitian Kegiatan’
    2. Wakil Dekan I mendiskusikan kegiatan yang diusulkan oleh Ketua Jurusan dan mengkoreksi draft kepanitian kegiatan yang diajukan. Hasil diskusi yang telah disepakati bersama dengan Ketua Jurusan kemudian diajukan kepada Dekan.
    3. Dekan memeriksa surat usulan dan draft kepanitian untuk selanjutnya didisposisikan ke Wakil Dekan II apabila disetujui, apabila tidak disetujui maka akan dikembalikan ke ketua Jurusan untuk diperbaiki kembali.
    4. Wakil Dekan II akan mengajukan Surat Permohonan Pembayaran kepada Pihak Rektorat untuk pencairan dana kegiatan yang akan dilaksanakan. Bersamaan dengan hal tersebut, wakil Dekan II meminta Bagian Tata usaha Fakultas Teknik untuk membuat Surat keputusan atau Surat Tugas dari Dekan untuk nama-nama Kepanitian yang telah disetujui oleh Dekan
    5. Pegawai Tata Usaha membuat surat keputusan/surat tugas kepanitian kegiatan untuk kemudian dikoreksi dan diparaf oleh Kepala Tata Usaha, yang selanjutnya dikirimkan kembali ke Wakil dekan I.
    6. Wakil Dekan I mengoreksi dan menparaf Surat Keputusan atau Surat Tugas kepanitian Kegiatan kemudian dikembalikan ke Dekan.
    7. Dekan memeriksa dan menandatangani Surat Keputusan atau Surat Tugas kepanitian Kegiatankemudian mengirimkan surat tugas tersebut ke Wakil Dekan II.
    8. Wakil Dekan II meminta Bendahara Fakultas untuk melakukan pembayaran dana kegiatan yang akan dilakukan setelah dilakukan pencairan dana oleh pihak Rektorat kepada Bendahara Kegiatan untuk pendistribusian lebih lanjut.
  1. RUJUKAN
    1. Buku Manual Penyusunan Angggaran Berbasis kinerja Perguruan Tingi Muhammadiyah, Dikti – PP Muhammadiyah.
    2. Pedoman Tugas dan SOP Bidang Keuangan, kepegawaian, Sarana dan Prasarana Universitas Muhammadiyah Metro Tahun 2011.
    3. SK Rektor Universitas Muhammadiyah Metro No. 390/III.3.AU/C/KEP.UMM/2016 tentang Penetapan Standar Biaya di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Anggaran 2016/2017.
    4. Penetapan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Unit-Unit Kerja (Fakultas dan Non Fakultas) Di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Anggaran 2016/2017.
    5. Usulan Daftar Pelaksanaan Anggaran Tahun Angggaran 2016/2017 Unit Kerja : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Metro.

Tulis Komentar