Fakultas Teknik UM Metro Membangun Bisnis Sentra Pembuatan dan Penyewaan Scafolding

Fakultas Teknik UM Metro Membangun Bisnis Sentra Pembuatan dan Penyewaan Scafolding

Penggunaan kayu dan bambu untuk keperluan perancah pada saat ini sudah banyak berkurang, pengguna jasa konstruksi atau kontraktor sudah beralih ke Scaffolding dari besi atau pipa galvanis karena lebih efisien, efektif dan tahan lama serta memenuhi kriteria K3. Scaffolding merupakan alat yang digunakan untuk menyangga kerja, peralatan kerja dan material dalam proyek-proyek konstruksi terutama bangunan gedung bertingkat. Kebanyakan kontraktor tidak memiliki scaffolding, mereka lebih senang untuk menyewa daripada memiliki sendiri, karena scaffolding juga memerlukan perawatan tersendiri.

Fakultas Teknik UM Metro melihat peluang besar untuk membuka Usaha Pembuatan dan penyewaan scaffolding, karena kebutuhan akan perancah masih belum terpenuhi khusunya di Kota Metro. Melalui Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK), FT UM Metro merintis usaha tersebut. (PPUPIK), merupakan program Kemenristekdikti yang dilaksanakan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM), dengan tujuan menciptakan inovasi teknologi untuk mendorong pembangunan ekonomi Indonesia dengan melakukan komersialisasi hasil penelitian.

Masherni selaku ketua TIM PPUPIK mengatakan “Bisnis ini sangat menjanjikan karena berdasarkan analisa harga satuan pekerjaan (SNI-03-7394-2008), pembuatan perancah menghabiskan lebih kurang 30% dari keseluruhan biaya pembuatan konstruksi beton, itu membuat banyak kontraktor menggunakan scaffolding, terbukti dari seluruh scaffolding yang ada telah disewa oleh penguna jasa konstruksi”. Eko Nugroho yang merupakan tim PPUPIK yang dipercayai membuat kontruksi Scaffolding tersebut mengatakan ada bebrapa Inovasi yang dibuat seperti Cat Walk, dan wheel Jack Base. Dari beberapa inovasi tersebut menjadikan scaffolding itu semakin dicari oleh pengguna. Untuk pemasaran dan administrasi dipercayakan oleh Nedi Hendri, selaku tim PPUPIK yang berasal dari Fakultas Ekonomi UM Metro, agar manajemen usaha ini dapat berjalan dengan baik.

Harapan kami dengan usaha “Sentra Pembuatan Dan Penyewaan Scaffoldingdapat meningkatkan Incame kampus dan mempermudah masyarakat umum dalam mendapatkan perancah. Selain itu bisa dijadikan model pembelajaran bagi mahasiswa untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur.

Bagi masyarakat umum yang ingin memesan scaffolding dapat mengunjungi FT UM Metro, atau menghubungi kontak Masherni (08127963809), Eko Nugroho (085225076329).

WhatsApp Image 2017-10-04 at 10.46.41 WhatsApp Image 2017-10-04 at 10.49.08 WhatsApp Image 2017-10-04 at 10.49.10WhatsApp Image 2017-10-04 at 09.57.45

 

WhatsApp Image 2017-10-03 at 16.42.46

Tulis Komentar